Cara Jualan Online Produk Apapun Hanya Dalam 3 Langkah

Cara Jualan Online Produk Apapun Hanya Dalam 3 Langkah

3 Langkah Sederhana Cara Jualan Online Laris Manis

Saat ini banyak orang ingin membawa bisnisnya go online (dipromosikan lewat internet) atau ingin memulai membangun bisnis yang dioperasikan secara online.

Namun kenyataannya kebanyakan orang-orang yang ingin memulai jualan online tidak tahu dari mana mengawalinya.

Dari itulah panduan cara jualan online ini saya susun untuk anda.

Ada 3 tahap yang mesti anda lalui agar dapat sukses berjualan secara online. Ini 3 langkah yang paling sederhana untuk dapat segera anda praktekkan.

I. Riset Market (audien)

Pahami satu hal penting ini, sebelum anda lebih jauh berjualan secara online. Tidak semua produk dapat sukses dipasarkan secara online.

Bayak faktor yang memengaruhinya, termasuk target market. Jadi pastikan apakah orang-orang yang berminat pada produk anda dapat anda jangkau melalui internet sebelum jualan produk secara online.

Lakukan riset sebelum anda memutuskan untuk memasarkan produk melalui digital marketing.

Strategi riset market sendiri ada banyak cara. Ini juga dipengaruhi oleh jenis media marketing apa yang nanti akan anda gunakan untuk promosi.

Katakanlah anda ingin menggunakan facebook marketing, maka yang harus anda lakukan adalah mencari audien (pengguna facebook) yang memiliki minat dengan produk anda.

Caranya carilah halaman atau grup facebook yang membahas produk yang sejenis dengan produk anda. Gunakan pencarian di facebook.

Ini contohnya kalau anda ingin mencari audien produk herbal.

Pilih halaman atau grup facebook yang memiliki fans paling banyak. Amati apakah fans dari halaman tersebut cukup aktif, indikatornya banyak like, comment atau share).

Itu salah satu contoh langkah riset audien facebook yang potensial untuk jenis produk herbal. Anda bisa mencobanya sesuai dengan jenis produk milik anda.

Selain melakukan riset di facebook anda juga dapat memanfaatkan situs-situs market place terkemuka.

Secara pribadi saya sering mengintip produk yang sedang laris di tokopedia.

Kalau misalnya saya ingin mempromosikan produk tertentu biasanya saya pergi ke tokopedia untuk melihat-lihat produk seperti apa yang paling banyak terjual di market place tersebut.

Caranya sangat sederhana. Buka situs tokopedia.com

Kemudian pilih kategori yang anda inginkan, atau sesuai jenis produk yang ingin anda riset.

Setelah memilih salah satu ketegori produk yang tersedia di toped, geser kebawah kemudian klik tombol seperti berikut ini.

cara jualan online

Selanjutnya filter halaman produk ke “Penjualan”.

cara jualan online

Maka dengan cara ini anda akan ditunjukkan produk-produk yang paling banyak terjual di tokopedia sesuai dengan kategori produk yang anda pilih sebelumnya.

Silahkan anda bermain-main dan mengamati produk-produk yang memang banyak peminatnya.

Bahkan bukan hanya sekedar peminat melainkan pelanggan yang sudah memutuskan membeli.

Selain menggunakan facebook atau market place, anda juga bisa menggunakan berbagai media lain untuk melakukan riset market ini.

Misalnya google keyword planner, google trend, forum jual beli, hastag twitter, instagram dan lain sebagainya.

Intinya disini anda menganalisa seberapa besar audiens (calon pelanggan) yang dapat anda jangkau jika menggunakan media online sebagai strategi pemasaran untuk produk anda.

Manfaat riset market ini kita dapat mengukur permintaan pasar sebelum benar-benar membuat sistem penjualan secara online.

Sehingga meminimalkan resiko gagal ketika produk sudah mulai kita lepas ke pasar online.

 

II. Merancang Sistem Penjualan

Jika anda sudah mengerjakan riset market dan akhirnya membuat kesimpulan produk anda layak untuk dipasarkan secara online, maka selanjutnya siapkan sistem penjualan.

Jangan berfikir terlalu detail tentang sistem penjualan ini.

Justru pertama kali yang anda pikirkan adalah bagaimana membuat sistem penjualan yang sesederhana mungkin dan memudahkan pelanggan untuk membeli produk dari anda.

Jadi bukan masalah sama sekali kalau anda tidak begitu memahami hal-hal teknis.

Nah 3 elemen inilah yang perlu anda persiapkan untuk pelanggan anda pada sistem penjualan online.

  1. Halaman landas (penawaran)
  2. Metode pembayaran
  3. Cara penyajian produk

Agar lebih jelas bagaimana kerjanya mari kita kupas satu demi satu.

  • Halaman landas (penawaran)

Ini merupakan tempat dimana anda akan menggiring calon pelanggan untuk melihat-lihat produk anda.

Tujuan utama halaman landas ini adalah mengenalkan produk anda sejelas mungkin.

Tetapi juga jangan terlalu bertele-tele yang malah membuat calon pelanggan meninggalkan halaman landas sebelum membeli dari anda.

Saat ini ada banyak media yang dapat anda manfaatkan untuk membuat halaman landas/penawaran.

Anda bisa menggunakan website sendiri, blog gratis, market place, media sosial dan banyak lagi.

Meskipun banyak media yang bisa anda pakai, tetapi saya sangat menyarankan untuk membuat website sendiri.

Kenapa?… Jangan pernah membangun “kolam ikan” dimana anda tidak memiliki kendali penuh.

Karena audiens yang telah memutuskan membuka halaman landas/penawaran produk anda itu adalah aset bisnis paling berharga seumur hidup.

Kalau anda tidak bisa merekam data mereka itu suatu kerugian besar. Dan untuk merekam data calon pelanggan ini anda membutuhkan website.

Belum lagi situs-situs raksasa seperti facebook, google, youtube dan sejenisnya setiap saat memperbarui algoritmanya.

Ini berarti anda harus selalu siap untuk mengubah strategi marketing anda ketika algoritma situs-situs tersebut berubah jika selama ini anda hanya mengandalkan situs-situs tersebut.

Terus bagaimana cara membuat website sendiri?

Jangan kuatir kalau anda belum menguasai ketrampilan teknisnya, karena sodiq.org telah menyiapkan panduan khusus membuat website disini.

 

  • Metode pembayaran

Metode pembayaran termasuk elemen sistem penjualan online yang harus anda persiapkan.

Umumnya di Indonesia orang-orang berbelanja menggunakan metode transfer bank, baik melalui ATM, internet banking, mobile banking dan sebagainya.

Kalau anda memutuskan melayani pelanggan anda secara online maka anda juga harus menyediakan rekening bank agar mempermudah pelanggan melakukan pembayaran.

Pilih bank-bank yang menyediakan fasilitas seperti mobile banking, internet banking, dan fasilitas yang mempermudah anda bertransaksi secara online.

Atau anda juga bisa menggunakan aplikasi pembayaran online seperti paypal. Dengan paypal transaksi online jauh lebih mudah dan aman.

Meskipun belum terlalu banyak konsumen di Indonesia yang berbelanja online menggunakan paypal. Tapi kedepannya ini akan bagus bagi bisnis anda.

 

  • Cara penyajian produk

Satu lagi yang perlu anda pikirkan bagaimana merancang sistem penjualan online, yakni sistem pengiriman atau penyajian produk anda.

Kalau produk anda memang berbentuk fisik, perlu anda pertimbangkan juga bagaimana cara pengirimannya.

Ini bukan masalah besar, karena saat ini sudah banyak pilihan jasa kurir dengan pelayanan yang sangat baik.

Anda bisa menggunakan jasa kurir ternama seperti JNE, TIKI, POS, atau JNT untuk mengirim produk anda ke tangan pelanggan diseluruh Indonesia.

Sementara jika produk anda termasuk jenis produk yang bisa di download maka anda tinggal mengunggahnya ke internet agar pelanggan dapat dengan mudah mengakses produk tersebut.

Tip agar hosting website anda tidak bekerja terlalu berat, sebaiknya simpan file produk anda di situs-situs yang menyediakan penyimpanan file gratis.

Anda dapat mencoba mediafire.com, solidfiles.com atau situs-situs lain yang mengijinkan anda mengunggah file.

Ingat anda tidak butuh merancang sistem penjualan canggih yang serba otomatis diawal, sebelum memastikan produk anda dapat laku terjual.

Sebaiknya fokus pada penjualan terlebih dulu dan tidak menghabiskan waktu pada kegiatan yang kurang produktif.

 

III. Jalankan Strategi Marketing

Sekarang saatnya anda mulai menjalankan strategi marketing bila langkah pertama (riset market) dan langkah kedua (merancang sistem penjualan) telah anda selesaikan.

Tanpa mengerjakan langkah ketiga ini mustahil jualan online anda akan sukses.

Meskipun anda sudah memiliki amunisi dan sasaran tembak yang tepat tetapi kalau anda tidak menembakkannya sangat tidak mungkin amunisi anda dapat mengenai sasaran.

Langkah ini pula yang membuat kebanyakan orang yang terjun di bisnis online gagal.

Saya mengira bukan karena strategi marketing itu sulit, tetapi untuk berhasil menjalankan strategi marketing ini dibutuhkan konsisten dan kegigihan.

Sangat jarang bahkan hampir tidak ada orang yang sekali memasang iklan di facebook langsung mendapatkan winning campaign.

Sama juga, kalau anda menjalankan salah satu strategi online marketing baru sekali kemudian berasumsi strategi tersebut tidak bekerja.

Sedangkan ratusan bahkan ribuan orang telah berhasil dengan menggunakan strategi yang sama.

Mungkin ada yang salah dengan anda, atau barang kali belum ngopi 😛

Ini dia beberapa strategi marketing gratis maupun berbayar yang terbukti sangat efektif dan ampuh untuk anda terapkan.

A. FB Marketing Gratis

Facebook mengijinkan anda menggunakan beberapa fasilitas gratis untuk mengenalkan produk anda melalui sosial media ini.

Anda dapat memanfaatkan akun personal, halaman (fanspage) atau grup facebook untuk menjangkau orang-orang yang tertarik dengan produk anda.

B. Facebook Ads

Kalau anda menginginkan hasil yang lebih cepat dalam menjalankan facebook marketing, gunakan saja facebook ads untuk promosi.

Sering kali saya jumpai orang-orang berhasil lebih cepat dengan mengandalkan strategi promosi menggunakan jasa periklanan facebook ini.

C. Instagram Marketing

Bagi anda yang sasaran produknya teruntuk generasi milenial, instagram akan menjadi media yang sangat tepat.

Dan kebanyakan karakter pembeli dari instagram juga tidak sesulit calon pelanggan dari media online lain yang harus sering-sering di follow up sebelum terjadi transaksi.

D. SEO Marketing

Ini salah satu kelebihannya kalau anda memiliki website sendiri. Anda dapat menerapkan SEO marketing agar website anda tampil di pencarian google dengan kata kunci tertentu.

Meskipun saat ini pengguna sosial media sangat banyak tetapi anda juga tidak bisa mengabaikan pengguna mesin pencari google yang masih sangat potensial hingga kini.

Bahkan website yang anda baca sekarang ini hampir 90 persen pengunjungnya masih berasal dari google.

Kalaupun anda bermain di toko online, google masih sangat relevan untuk mendatangkan pengunjung yang sangat tertarget.

E. Google Ads

Jika di facebook menyediakan layanan facebook ads pun juga di google. Bahkan jauh sebelum facebook lahir google adwords telah merajai layanan iklan berbayar di internet.

Sampai sekarang google adwords juga masih sangat bisa diandalkan bagi bisnis online anda. Ini layanan iklan berbayar yang paling saya rekomendasikan setelah facebook ads tentunya.

F. Youtube Marketing

Video menjadi konten yang saat ini banyak diburu di internet. Anda yang hobi mengabadikan momen-momen khusus dengan video bisa menggunakannya sebagai salah satu cara jualan online.

Youtube manjadi pelopor situs dengan konten video beberapa tahun terakhir ini.  Kalau anda aktif mengikuti update terbaru, beberapa vlogger dari youtube mendadak terkenal dengan kekuatan konten-konten video yang mereka sajikan.

Tentunya sebagai penjual online anda juga sangat mungkin menggunakan youtube dalam menjaring calon pelanggan, khususnya pelanggan yang menyukai konten video.

Sejujurnya saya tidak menggunakan semua strategi marketing diatas untuk mendatangkan pelanggan secara online.

Saya hanya menggunakan dua sampai tiga strategi saja untuk mempromosikan produk secara online selama ini.

Dan andapun juga tidak harus mencoba strategi marketing ini satu persatu, cukup jalankan salah satunya dengan konsisten.

Jadi sebelum melangkah lebih jauh dan menjual produk anda secara online, kerjakanlah 3 tahapan ini :

  • Riset market
  • Merancang sistem penjualan
  • Jalankan strategi marketing

Hanya dengan mengerjakan ketiga langkah cara jualan online inilah anda dapat segera melipatgandakan omset bisnis menjadi hingga berkali lipat.

 

Leave a Comment

Mulai Bisnis Dropshipmu Sekarang!

Panduan Lengkap Cara BISNIS DROPSHIP

Mengungkap strategi praktis cara bisnis online tanpa butuh stok dan modal besar, langsung praktek Bisnis Dropship, FB Marketing Gratis & FB Ads.
DOWNLOAD GRATIS
close-link
Jangan Lewatkan!  Panduan bisnis toko online dropship + FB ADS. 
Download Gratis